Follow me on Twitter!!!

Saturday, September 3, 2011

Don't Let Death Take Your Happiness

Tdy gw bru baca berita ttg kecelakaan yg menimpa slah satu public figure kita. Ya, I deliver my deepest condolences for him, may god keep keep her wife always.

Gw mau ngasih beberapa tips bwt para driver agar tetap selamat dri maut slama perjalanan. Mengingat angka kecelakaan mudik tahun ini yg cukup tinggi, gw merasa perlu berbagi tips keselamatan di jalan, so check this out ya!!

1. Kenali rute yg anda ingin lewati. Ini penting karena dengan mengetahui kondisi rute yg akan anda lewati, anda bisa menghindari berbagai macam rintangan yg ada. Gw akan share 1 rute yg sering dilewati oleh para driver. Seperti kita ktahui, jika kita akan melewati jalur selatan, kita pasti melewati tol Cipularang. Menurut pendapat gw, ini tol adalah tol yg benar2 membahayakan jika para driver tidak mematuhi rambu2 yg ada. Alasan gw mnyebut tol Cipularang berbahaya adalah, pertama, kontur jalan tol ini naik-turun diselingi dengan beberapa jembatan yg cukup panjang (0,5-0,75 km) dan juga jarak tol yg cukup panjang (+/- 140km). Karena kontur yg up and down, sgt berbahaya jika driver memacu mobil diatas batas kecepatan yg dibolehkan. Untuk tol Cipularang, kecepatan maksimal adalah 80 km/jam dan minimal 60 km/jam. Jika driver memacu mobil diatas 80 km/jam, kemungkinan besar mobil anda akan oleng dan tidak menutup kemungkinan akan terjadi kecelakaan yg sangat parah. Ini terjadi karena selain kontur jalan yg naik-turun juga disebabkan oleh adanya angin yg bertiup cukup kuat dari smping sehingga memungkinkan mobil untung terguling. Saran gw sich sbisa mungkin pertahankan kecepatan antara 70-80 km/jam dan gunakan Engine brake saat melalui turunan yg panjang, untuk mencegah mobil turun dengan kecepatan tinggi (untuk mobil A/T engine Break ada di posisi 3 U/mobil tertentu seperti keluaran Suzuki dan posisi 2 or S Utk mobil tertentu sperti keluaran Daihatsu dan Honda. Untuk mobil M/T gunakan gigi 4 untuk yg 5 percepatan or gigi 3 untuk yg 4 percepatan) Selain itu penting juga untuk mematikan fitur O/D (overdrive) agar tnaga yg dikeluarkan mobil tidak terlalu besar.

Cipularang juga mempunyai permukaan jalan yg tidak rata, ada yg sebagian di aspal, dan juga ada sebagian yg dibeton. Permukaan jalan yg tdk rata ini memungkinkan ban untuk cepat panas dan habis. Untuk mencegah terjadinya pecah ban, sebaiknya anda memeriksa kondisi ban anda dan bila perlu menggantinya jika sudah terlalu botak.

2. Pastikan kendaraan yg anda kemudikan tidak overload. Sngat berbahaya jika kendaraan yg anda kemudikan overload, baik oleh barang maupun penumpang. Anda harus mengetahui kapasitas muatan mobil anda. Mobil yg overload akan menjadi berbahaya ketika dikemudikan. Kendaraan ygoverload akan membuat tekanan pda ban dan suspensi semakin berat dan ada kemungkinan terjadinya pecah ban atau patah suspensi. Ini juga dpat diperburuk jika jalan yg dilewati adalah jalan rusak/bergelombang. Kelebihan muatan juga bisa menjadi sumber kecelakaan jika anda melewati Jalan Tol Cipularang. Mobil yg overload akan membuat keseimbangannya hilang sehingga akan membuka peluang mobil terbalik jika dipacu diatas batas kecepatan maksimal. Jika mobil pelan pun, juga berbahaya karena tekanan ban yg tinggi bsa menyebabkan ban panas, memuai, dan pecah. Saran gw sich, sesuaikan muatan (barang/penumpang) dengan kapasitas mobil anda. Sebagai contoh. Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia dan mobil2 yg sekelas dengannya hanya bisa memuat Maksimal 8 orang (termasuk driver). klo mau nyaman dan santai bsa diisi 6 orang (termasuk driver). Untuk mobil seperti Honda Jazz, Daihatsu Sirion, Suzuki SX4, Swift, Toyota Yaris dan mobil2 sejenisnya, untuk normalnya bisa memuat 4 orang (termasuk driver) dan Maksimal 5 orang (termasuk driver), sebenarnya bisa 6 orang, tetapi ini hanya dimungkinkan jika 1-2 orang yg akan dtambahkan tidak terlalu besar. Untuk keselamatan maksimal 5 orang.

3. Pastikan kondisi driver dalam keadaan 100% prima. Kecelakaan yg sering terjadi kebanyakan disebabkan oleh human Error. Faktor yg pling besar dari human error itu adalah driver yg mengantuk. Untuk perjalanan jauh sebaiknya anda mempunyai driver cadangan. Atau jika tidak mempunyaidriver cadangan, anda harus beristirahat setiap 4 jam. Kondisi driver dipastikan akan turun sgt jauh apabila kurang istirahat. Kondisi driver yg buruk ini sgt mempengaruhi gerakan refleks ketika mengemudi. Sarang gw lgy, jika udh mengantuk, carilah rest area di rute yg anda lalui (jika tdk punyadriver cadangan). atau juga split (bagi) perjalanan anda. Maksud saya jika perjalanan anda kira2 12 jam atau lebih, maka anda harus istirahat dan menginap di suatu kota, dan melanjutkan sisa perjalanan di hari esoknya.

4. Pastikan driver mempunyai kemampuan mengemudi yg sangat baik. Jngan biarkan newbee (driveryg bru bsa mengemudikan mobil) untuk mengemudikan mobil anda. Ini sangat berbahaya, karen newbee belum mempunyai jam terbang yg cukup tinggi sehingga kemungkinan dia tidak bisa mengantisipasi kejadian yg berbahaya di jalan. Driver yg sudah mempunayi jam terbang tinggi sudah pasti bisa mengatasi segala kemungkinan yg terjadi di perjalanan. Sebagai driver anda dituntut untuk bsa mengendalikan mobil sebaik mungkin. Kesalahan terbesar yg sering menyebabkan kecelakaan salah satunya adalah penguasaan stir yg buruk. Jika dlam kecepatan tinggi, jnganlah coba2 membanting stir ke arah manapun (kecuali keadaan sngat darurat & memakasa). Membanting stir dalam kecepatan tinggi dpat membuat mobil oleng, terguling, serta terbalik. Untuk menghindari hal ini, sebaiknya anda menjaga jarak aman yg cukup (sekitar 60-80 m atau 2-3 detik dibelakang mobil lain). ini wajib dilakukan agar tidak terjadi tabrakan beruntun. Selain itu juga jngan pernah melakukan rem mendadak (kecuali keadaan sngat darurat & memaksa). Sebisa mungkin gunakan Engine brake. intinya sich yg penting jaga jarak

5. Pastikan kendaraan anda laik jalan. Check kendaraan anda sebelum melakukan perjalanan jauh, terutama sistem pengereman, transmisi, Ban, dan Oli mesin. Pengecekan ini akan membantu anda terhindar dari kejadian2 yg tidak diinginkan.

Ok then thanks, semoga tips2 diatas dapat membantu para driver dalam melakukan perjalanan.

Don't drive while drunk, don't drunk while driving

Don't drive while sleepy, don't be sleepy while driving

Regards

Pandu Dewa Nata

("A" Transporter Holder Driving License)

(Pemegang SIM "A" Transporter)


No comments: